Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua menyerahkan tiga unit kapal penangkapan ikan jenis 3 gross tonnage (GT) ke kelompok nelayan Demta.

Penyerahan direncanakan akan dilakukan secara simbolis oleh Penjabat Bupati Jayapura Semuel Siriwa pada Jumat (25/10) 2024.

Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jayapura Enos Worumi di Sentani, Kamis mengatakan rencananya penyerahannya Kamis (24/10) 2024 namun ditunda.

“Penyerahan direncanakan hari ini (Kamis) tetapi adanya agenda lain bupati sehingga ditunda,” katanya.

Menurut Enos, dukungan tiga kapal penangkapan ikan jenis 3 GT akan mendukung peningkatan penangkapan ikan kelompok nelayan.

“Hasil penangkapan ikan dari kelompok nelayan Teluk Kamsay Distrik Demta Januari-September 2024 mencapai 287.963 kg, diharapkan dengan dukungan tiga kapal ini hasil penangkapannya bertambah,” ujarnya.

Dia menjelaskan dalam tahun ini pihaknya telah menyerahkan tujuh unit kapal penangkapan ikan jenis 2 dan 3 GT.

“Kapal penangkapan ikan 2 GT dua unit diserahkan ke kelompok nelayan tangkap air tawar Distrik Sentani Timur dan Ebungfauw, sementara kapal 3 GT tujuh unit diserahkan kelompok nelayan Demta tiga unit, Depapre satu unit, Yokari satu unit, dan Ravenirara dua unit,” katanya.

Dia menambahkan untuk dukungan sembilan kapal penangkapan ikan jenis 2 dan 3 GT dialokasikan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp2,3 miliar dan otonomi khusus (Otsus) Rp1,3 miliar.

“Kami berharap dukungan ini akan semakin memacu kelompok nelayan di Kabupaten Jayapura untuk menangkap ikan dan akan mensejahterakan mereka dari hasil itu,” ujarnya.

Dia menyebut tahun ini selain belanja kapal penangkapan ikan, juga belanja 24 unit motor tempel Yamaha 15 PK dan 11 PCS jaring gillnet milenium.

“Kondisi nelayan kecil Kabupaten Jayapura masih sangat membutuhkan dukungan investasi untuk mendorong peningkatan dan pemanfaatan potensi perikanan tangkap yang saat ini masih berada jauh dibandingkan potensi lestari perikanan tangkap yang dimiliki Kabupaten Jayapura,” katanya.


Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024