Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor, Papua melalui Dinas Pemuda dan Olahraga pada tahun anggaran 2024 mengalokasikan dana otonomi khusus sebesar Rp1 miliar untuk membangun fasilitas empat lapangan olahraga sepak bola dan basket.

"Pembangunan empat lapangan olahraga itu tersebar di dua Distrik Biak Barat dan Distrik Swandiwe," ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Biak Numfor Arius Mirino di Biak,Senin.

Tujuan pembangunan fasilitas lapangan olahraga untuk meningkatkan talenta prestasi anak-anak muda Biak Numfor di berbagai kampung.

Dengan direalisasikan pembangunan lapangan olahraga, menurut Arius, maka anak-anak muda Biak Numfor bisa menyalurkan minat bakat sebagai atlet di cabang sepakbola dan basket.

"Banyak atlet cabang olahraga dari Biak berasal dari kampung dan distrik," sebut Arius menanggapi penggunaan dana otonomi khusus 2024.

Arius mengatakan untuk tahun 2025 pihaknya juga sudah menyiapkan program pembinaan prestasi olahraga anak muda Kabupaten Biak Numfor.

"Dispora juga sudah memprogramkan membangun stadion olahraga, lapangan hoki serta prasarana olahraga lainnya di lahan milik pemerintah daerah," kata mantan Kabid PLS dan Pemuda Olahraga Disdik Biak itu.

Arius berharap dengan disediakan fasilitas olahraga yang memadai dapat berdampak terhadap peningkatan prestasi atlet Biak Numfor.

"Prestasi atlet bisa lebih baik karena ditopang ketersediaan sarana prasarana olahraga yang dibangun pemerintah," sebut Arius.*

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024