Jayapura (Antara Papua) - Dinas Sosial Kota Jayapura, Papua, mengimbau seluruh warga di daerah itu untuk menghentikan aktivitas mereka sementara guna memperingati hari pahlawan pada 10 November nanti.

Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura Irawadi, di Jayapura, Sabtu, mengatakan pihaknya berharap pada Selasa (10/11) tepat Pukul 8:15 waktu setempat, seluruh penduduk di wilayah itu diminta menghentikan seluruh aktivitas dan mengheningkan cipta sejenak selama 60 detik.

Menurut dia, penghentian seluruh aktivitas merupakan bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang dan berkorban demi kemerdekaan.

Lanjut dia, pihaknya sudah menyampaikan ajakan perayaan hari pahlawan kepada kepolisian setempat sehingga bisa melakukan pemantauan terhadap pengendara untuk ikut mengheningkan cipta.

"Selain upacara, ada yang diperintahkan dari sana, hening cipta untuk semua masyarakat selama satu menit atau 60 detik, itu tepatnya jam 8 :15 diimbau kepada semua masyarakat untuk mengheningkan cipta selama satu menit, itu perintah dari pemerintah pusat," ujarnya.

Hal lain yang menjadi perintah pusat kepada pemerintah daerah adalah menyuarakan kalimat "merdeka" jika hendak memulai kegiatan baik di tingkat pemerintah, tetapi juga lembaga-lembaga masyarakat atau pun organisasi masyarakat.

Irawadi menambahkan, pada hari H nanti, Pemerintah Kota Jayapura akan melakukan upacara di halaman Kantor Wali Kota dengan melibatkan sejumlah veteran di wilayah itu. (*)

Pewarta : Pewarta: Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024