Jayapura (Antara Papua) - Dua sekolah di Kota Jayapura, Papua, berhasil meraih Piala Adiwiyata Mandiri sebagai bentuk apresiasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terhadap penataan lingkungan.

"Di Kota Jayapura, dua sekolah yang mewakili tingkat nasional untuk memperoleh Adiwiyata Mandiri. Pemberian pialanya nanti akan langsung diberikan oleh presiden dan sekolah yang dimaksud adalah SMP 1 dan SD Impres Kotaraja," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura I Wayan Mudiyasa di Jayapura, Selasa.

Dengan capaian tersebut, kini telah ada empat sekolah di Kota Jayapura yang mendapat Piala Adiwiyata Mandiri.

"Jadi sudah ada empat sekolah yang meraih Piala Adiwiyata Mandiri, yang sebelumnya adalah SMA 4 dan SDN Abepura pada 2014. Selama dua tahun kita fakum tetapi sudah ada yang mengukir kembali sejarah itu," katanya.

Wayan pun berharap akan ada sekolah lainnya yang dapat ikut meraih penghargaan tertinggi untuk tingkat sekolah di bidang lingkungan tersebut.

"Mudah-mudahan di 2017 ada sekolah yang kembali meraih Piala Adiwiyata Mandiri karena ini sangat bergengsi. Dari ribuan sekolah yang ada di Indonesia hanya ada 23 sekolah yang mendapat piala tersebut," katanya lagi.

Ia menyebutkan, sudah ada sekolah yang mempunyai kesempatan meraih Piala Adiwiyata Mandiri di 2017 karena tahun ini telah meraih penghargaan Adiwiyata Nasional.

"Ada tujuh sekolah yang tahun ini mendapat penghargaan adiwiyata nasional," ujar Wayan. (*)

Pewarta : Pewarta: Dhias Suwandi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024