Biak (Antara Papua) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan bantuan sebanyak 66 ton pakan ikan untuk 10 kelompok masyarakat (pokmas) budidaya perikanan air tawar di berbagai distrik di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua.

Bantuan pakan ikan dari KKP itu didistribusikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Biak Numfor Effendi Igirisa, Sabtu.

"Setiap kelompok masyarakat pembudiya ikan air tawar akan diberikan pakan ikan sesuai dengan luas area kolam yang diolah warga," ujar Effendi.

Ia mengatakan bantuan pakan ikan itu diserahkan di lokasi budidaya disertai pendampingan langsung tenaga penyuluh lapangan perikanan Biak.

Bantuan pakan ikan tersebut diharapkan dapat membantu kelompok masyarakat dalam meningkatkan produksi ikan air tawar jenis nila.

"Distribusi bantuan pakan ikan ini diharapkan rampung pada 15 November 2016. Saya minta proses penyerahan bantuan selesai sesuai target," ujarnya.

Disinggung peran tenaga pendamping perikanan, menurut Effendi Igirisa, sangat membantu warga sebagai pelaku usaha pembudidayaan ikan air tawar.

"Ada 40-an tenaga penyuluh perikanan yang disiapkan mendampingi kelompk nasyarakat budidaya ikan air tawar," ujar Effendi.

Berdasarkan data, 66 ton pakan ikan itu jenis stater dan dower ukuran satu dan tiga mililiter. (*)

Pewarta : Pewarta: Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024