Jayapura (Antara Papua) - Komando Daerah Militer (Kodam) XVII/Cenderawasih menggelar kejuaraan daerah (kejurda) karate untuk menjaring atlet-atlet yang akan diproyeksikan mengikuti pelatihan daerah (pelatda) persiapan pra-PON dan PON 2020 di Papua.

Anggota Bidang Monitoring dan Evaluasi KONI Papua Benny Maniani di Jayapura, Senin, mengatakan kejurda tersebut memperebutkan piala bergilir Pangdam XVII/Cenderawasih Tahun 2017 yang dipelopori Kodam dan Federasi Olahraga Karate-Do Indonesi (FORKI) Papua.

"Tujuan digelarnya kejurda ini juga untuk mengadakan evalusi dan menguji prestasi atlet-atlet potensial khususnya atlet kadet dan junior dari daerah serta perguruan karate secara maksimal," katanya.

Menurut Benny, kejurda ini juga bertujuan untuk menciptakan jenjang kompetisi yang terpadu antar perguruan karate, antar-pengurus daerah dan dojo.

"Serta meningkatkan frekuensi kompetisi para atlet-atlet berbakat dari perguruan dan daerah pada jenjang tingkat nasional," ujarnya.

Dia menuturkan KONI Provinsi Papua mengapresiasi atas peran serta Kodam XVII/Cenderawasih dalam pembinaan olahraga dan atlet Bumi Cenderawasih menjelang pelaksanaan PON XX pada 2020.

"Kejuaraan ini merupakan suatu wadah kompetisi di Papua dan menjadi agenda rutin yang dilaksanakan secara terprogram sebagai wujud pola pembinaan dalam menciptakan atlet-atlet yang berkualitas," katanya lagi.

Sekadar diketahui, Kejurda Karate memperebutkan piala bergilir Pangdam XVII/Cenderawasih akan digelar pada 7-9 September 2017 bertempat di Gedung Olahraga (GOR) Waringin Kotaraja Jayapura dan mempertandingkan lima kelompok umur yakni kelas usia 14-15 tahun, kelas yunior komite, kelas di bawah usia 21 tahun, kelas senior kumite (umum) dan kelima senior komite (TNI). (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024