Timika (Antara Papua) - Kepolisian Resor Mimika, Papua mengajak warga Kota Timika menjaga stabilitas kamtibmas di wilayah itu agar tidak terpengaruh dengan situasi yang terjadi di wilayah Tembagapura.

Kabag Ops Polres Mimika Komisaris Polisi Tony Upuya di Timika, Kamis, mengatakan situasi kamtibmas di Kota Timika sekarang ini masih tetap aman dan kondusif, meski terjadi peningkatan eskalasi situasi di wilayah sekitar Tembagapura.

"Peristiwa yang terjadi di Tembagapura tidak berefek kepada kehidupan masyarakat di Timika. Di Timika warga tetap beraktivitas seperti biasa. Mari kita sama-sama jaga situasi ini agar tetap aman dan tertib," ajak Tony.

Ia mengakui konsentrasi pengamanan saat ini difokuskan ke wilayah Tembagapura dan sekitarnya. Sebab beberapa kampung di sekitar Tembagapura seperti Utikini Lama, Kimbeli, Waa-Banti, Opitawak hingga Aroanop kini dalam kendali Kelompok Kriminal Bersenjata/KKB.

Meski demikian, katanya, aparat kepolisian juga tetap melakukan patroli rutin di Kota Timika untuk memastikan semua masyarakat mendapat jaminan keamanan dan kenyamanan dalam beraktivitas.

"Kami sudah membangun komunikasi dengan semua pihak apabila nantinya Timika terkena dampak dari kejadian di Tembagapura maka kita semua bisa mengantisipasinya," jelas Tony.

Beberapa kejadian menonjol yang terjadi di Kota Timika akhir-akhir ini yang perlu mendapat perhatian serius dari semua warga yaitu meningkatnya kasus pencurian, mabuk-mabukan akibat menenggak minuman keras beralkohol serta aksi ugal-ugalan pengendara sepeda motor di jalan raya.

Pihak kepolisian berharap adanya partisipasi dari warga Kota Timika untuk menjaga keamanan lingkungannya agar berbagai kasus tindak pidana yang kerap terjadi di wilayah itu bisa diminimalisasi. (*)

Pewarta : Pewarta: Evarianus Supar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024