Jayapura (Antara Papua) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Papua Jayapura menyerahkan kartu kepesertaan bagi 827 pegawai tetap-kontrak pada Dinas Kebersihan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat di halaman Kantor Wali Kota Jayapura, Senin.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Papua Jayapura Adventus Edison S, di Jayapura, mengatakan iuran bagi 827 pegawai tersebut merupakan dana tanggung jawab sosial perusahaan atau "Corporate Social Responsibility (CSR)" BNI.

"Jadi iurannya berasal dari CSR BNI Wilayah Papua untuk dua bulan yakni November dan Desember 2017 serta diterima secara simbolis oleh perwakilan dari pasukan kuning dan Satpol PP Kota Jayapura," katanya.

Menurut Adventus, selain menyerahkan kartu kepesertaan, pihaknya juga memberikan bantuan kaos untuk pasukan kuning serta pemberian santunan jaminan kematian.

"Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya dalam perlindungan kecelakaan kerja dan kematian bagi tenaga kerja honor juga kontrak di Kota Jayapura," ujarnya.

Dia menuturkan, khusus untuk santunan kematian diberikan bagi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) yang meninggal dunia, di mana ahli warisnya merupakan anak kandung dari pekerja tersebut.

"Penyerahan bantuan dan kartu kepesertaan tersebut dilakukan secara langsung oleh Walikota dan Wakil Walikota Jayapura Benhur Tommy Mano-Rustam Saru pada pelaksanaan apel pagi di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura," katanya lagi.

Pihaknya berharap dengan pemberian kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan tersebut, kepedulian terhadap perlindungan keselamatan kerja pada pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura dapat meningkat. (*)

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024