Biak (Antaranews Papua) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, membangun 87 unit rumah untuk melayani kebutuhan tempat tinggal bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mengabdi di wilayah paling timur Negara Kesatuan republik Indonesia (NKRI).

"Puluhan unit rumah yang sudah dibangun merupakan bantuan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dikhususkan untuk ASN yang tidak memiliki rumah," ujar Pelaksana Harian Bupati Biak Numfor Markus Oktovianus Mansnemra di Biak, Kamis.

Ia mengatakan untuk harga rumah yang dibangun dapat dimiliki maka Dinas Perumahan Permukiman akan menggandeng perbankan sebagai penjamin.

Kepada Dinas Perumahan Biak Numfor yang akan diberikan tanggungjawab, menurut Plh Bupati Markus Mansnembra, harus gencar menyosialisasikan kepemilikan rumah bagi ASN.

"Berdasarkan data pemkab Biak Numfor hingga saat ini masih banyak ASN Biak menyewa atau mengontrak rumah untuk tempat tinggal," ujarnya.

Plh Bupati Biak Numfor Markus berharap dengan adanya program kepemilikan rumah bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan tempat tinggal.

Markus mengaku program rumah untuk ASN diharapkan dapat membantu ASN dalam mendapatkan tepat tinggal yang layak dan ramah lingkungan.

"Pemkab Biak Numfor secara bertahap akan merencanakan pembangunan rumah khusus ASN, ya kami tetap berharap ada bantuan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat," kata Markus.

Memiliki rumah untuk ASN, menurut Markus, merupakan bentuk investasi jangka panjang yang akan berdampak langsung dengan peningkatan perekonomian daerah.

Berdasarkan data dari 5.000 ASN Pemkab Biak Numfor yang telah mempunyai rumah pribadi masih sangat minim karena sebagian besar masih menyewa. (*)

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024