Biak1 (ANTARA News Papua) - Pangkalan Udara  (Lanud) Johanes Abraham Dimara (JAD) Kabupaten Merauke, Papua akan memperketat pengawasan pengamanan wilayah udara di tapal perbatasan negara RI dengan Papua Nugini (PNG) dalam upaya mencegah adanya pelanggaran hukum di wilayah Timur Indonesia itu.

"Letak Lanud JAD Merauke berbatasan dengan negara PNG sehingga sudah punya standar operasional prosedur untuk menjaga wilayah perbatasan," kata Komandan Pangkalan Udara Johanes Abraham Dimara Merauke Kolonel Pnb Deni H Simanjuntak menjawab Antara seusai sertijab di Biak, Senin.

Ia mengakui untuk menjaga keamanan kawasan udara di tapal batas negara tetangga PNG pihak Lanud JAB Merauke akan bersinergi dengan satuan TNI lain dan Polri.

Wilayah operasional Lanud Merauke, menurut Kolonel Deni, sangat luas dan strategis karena berbatasan langsung dengan negara tetangga PNG.

Sebagai komandan Lanud Merauke yang baru, menurut Kolonel Deni, ia akan bekerja sesuai protap dalam melakukan tugas untuk menjaga pengamanan wilayah udara di kawasan Timur Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Saya pernah bertugas di sejumlah tempat di wilayah Papua sehingga saat dipercaya pimpinan TNI AU untuk memegang jabatan Komandan Lanud Johanes Abraham Merauke sudah punya bekal pengalaman tentang kondisi geografis Papua," tegas Danlanud Merauke Kolonel Deni.

Dia berharap selama menjabat Danlanud Merauke akan senantiasa menjalin hubungan kerjasama dengan pemkab Merauke serta satuan TNI dan Polri guna menunjang kelancaran tugas di lapangan.

Berdasarkan data Sertijab Danlanud Johanes Abraham Dimara Merauke dari pejabat lama Kolonel Pnb Awang Kurniawan kepada pejabat baru Kolonel Pnb Deni H Simanjuntak digelar bersama dengan Danlanud Yohanis Kapiyau Timika Letkol Pnb dari pejabat lama Letkol Pnb Meito Datau kepada pejabat baru Letkol Pnb Sugeng Sugiarto dipimpin Panglima Komando Operasi III Angkatan Udara Biak Marsekal Muda TNI Tasil Gustari Malik bertempat di hanggar STAB Lanud Manuhua Biak, Senin (7/1).

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024