Biak (ANTARA) - Sebanyak 66 siswa Sekolah Dasar Yayasan Pendidikan Islam 1 (Yapis) Biak mengikuti Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) untuk pertama kali diterapkan di lingkungan sekolah dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Kepala Sekolah SD Yapis 1 Biak Ngarisan S.Pd di Biak,Kamis (25/4), mengatakan empat mata pelajaran yang akan diujikan dalam USBK yakni Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Pendidikan Olahraga Jasmani dan Kesehatan serta seni budaya dan ketrampilan.

"Untuk pelaksanaan USBK SD Yapis 1 Biak akan dilaksanakan selama dua hari yakni mulai Jumat 26 April dan Selasa 30 April 2019," kata Kepsek Yapis 1 Ngarisan dihubungi di Biak.

Ia mengakui untuk menunjang kelancaran pelaksanaan USBK di SD Yapis 1 telah disiapkan fasilitas sarana prasarana teknologi komputer.

Kepsek Ngarisan berharap dengan pelaksanaan USBK di lingkungan sekolah Kabupaten Biak Numfor akan menjadi percontohan sekolah dasar untuk penyelenggaraan ujian sekolah berbasis komputer bagi siswa kelas VI.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Biak Tinneke R.Mansnembra mengatakan tujuan penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk jenjang pendidikan SD dan SMP/MTs untuk mengukur prestasi belajar peserta didik.

"USBN juga merupakan salah satu kriteria penilaian kelulusan siswa serta untuk peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Biak Numfor," kata Kadis Pendidikan Biak Tinneke Mansnembra..

Pada pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) tingkat Sekolah Dasar berlangsung 23 April hingga 25 April di Kabupaten Biak Numfor diikuti sebanyak 2.476 siswa dari 166 sekolah dasar.

Tiga mata pelajaran yang diujikan secara Nasional pada UASBN jenjang pendidikan Sekolah Dasar yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024