Biak (ANTARA) - Pihak Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Biak Numfor, Papua, menjadikan Kepulauan Padaido sebagai objek wisata unggulan pendukung even tahunan pesta budaya masyarakat adat pada festival Biak Munara Wampasi (BMW) VII berlangsung 1-6 Juli 2019.

Tiga lokasi pulau yang dijadikan program festival Biak Munara Wampasi 2019 diantaranya Wilay, Urbi, Bromsi dan Pasi di Kepulauan Padaido/Aimando.

Berdasarkan informasi Dinas Pariwisata Biak, Sabtu, untuk peminat peserta mengikuti tour wisata di Kepulauan Padaido untuk kegiatan ajang festival BMW masih sangat tinggi berasal dari berbagai kalangan warga di Kabupaten Biak Numfor.

"Wilayah Kepulauan Padaido/Aimando menjadi salah satu destinasi wisata alam bahari kelautan unggulan yang masih sangat alami," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor Turbey Onisimus Dangeubun di Biak, Sabtu.

Ia berharap selama ajang festival BMW VII akan berlangsung lancar dan mendapat dukungan berbagai elemen masyarakat.

Dari Rundown panitia Dispar, acara pembukaan festival BMW VII dan Biak exotic tour (lomba foto) dipusatkan di lapangan Cenderawasih Biak 1 Juli 2019.

Berbagai kegiatan festival BMW diantaranya lomba tari Wor, parade perahu adat Wai Ron dan Wai Mansusu, Snapmor (menangkap ikan tradisional di air laut surut), Apen Beyeren (berjalan kaki di atas batu panas).

Serta ajang festival BMW lain berupa pesona kuliner pesta makan ikan, keladi dan papeda, Tour Island Padaido, konsep musik Akuistik (Biak Harmoni), enjoy Biak (fit foot dan fun)

Hingga H-2 pelaksanaan festival BMW 1-6 Juli 2019 berbagai lokasi tempat pameran kreatif dan pembukaan telah dipasang tenda dan dihiasi berbagai baliho dan spanduk ucapan selamat datang dan sukses penyelenggaraan even tahunan pesta budaya masyarakat adat Biak.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024