Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua dan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) menyepakati program kerja sama penyuluhan hukum kepada masyarakat di berbagai kampung dalam upaya meningkatkan kesadaran hukum warga di wilayah Timur Negara Kesatuan Republik Indonesia, Sabtu.

Penandatanganan naskah kerja sama pelayanan penyuluhan hukum dan pengembangan karier sumber daya manusia ASN Pemkab Biak dilakukan Bupati Herry Ario Naap dengan perwakilan STIH Dr Muslim Lobubun MH.

"Pemkab Biak Numfor telah mempercayakan STIH sebagai lembaga akademi untuk mengkaji produk peraturan perundang-undangan,peraturan daerah serta tenaga ahli pendampingan bidang hukum," ujar Bupati Biak Numfor Herry Naap seusai penandatangan kerja sama.

Ia mengharapkan keterlibatan perguruan tinggi dalam program penyuluhan hukum masyarakat sebagai terobosan baru dllakukan pemerintah daerah untuk perubahan dalam mewujudkan visi misi Biak religius,berkarakter dan berbudaya.

Bupati Herry Naap mengakui, reputasi tenaga dosen dimiliki STIH Biak sangat mumpuni dan memiliki kompetensi keahlian di bidang hukum dan perundang-undangan.

"Pemerintah daerah sangat terbantu adanya program kerjasama dengan STIH Biak, ya ini menjadi kebijakan Bupati Herry Ario Naap untuk meningkatkan kesadaran hukum warga berbagai kampung," tambah Kabag Hukum Biak Semuel Rumaikeuw SH.

Sementara itu, Sekretaris Yayasan Kyadiren Biak Dr Muslim Lobubun MH menegaskan, jajaran dosen STIH Biak siap membantu pemkab Biak Numfor untuk melakukan penyuluhan hukum kepada warga kampung.

Sasaran lain kerja sama Pemkab Biak, menurut Muslim, juga untuk pengembangan karier sumber daya manusia ASN Biak untuk berkuliah di STIH Biak dalam rangka meningkatkan pengetahuan pegawai di lingkungan pemda.

"Civitas akademika STIH Biak akan selalu memberikan kajian akademis tentang peraturan daerah serta naskah tata perundang-undangan untuk pelayanan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan," ujar alumni program studi Doktor ilmu hukum Unhas Makassar 2018 itu.

Berdasarkan data Pemkab Biak Numfor di bawah kepemimpinan Bupati Herry Ario Naap pada tahun 2019 telah melibatkan perguruan tinggi STIH untuk kajian akademis naskah hukum dan perundang-undangan serta mengandeng institusi Kejaksaan Negeri Biak sebagai pengacara Negara dan pendampingan hukum pemda.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024