Biak (ANTARA) - Lembaga Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Jayapura, Papua, mulai tahun 2020 akan membuka program pendidikan tinggi diploma III untuk mencetak tenaga sumber daya manusia ahli penerbangan di wilayah Timur Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Dua jurusan yang siap dioperasikan Poltekbang Jayapura adalah program pengatur lalu lintas udara dan manajemen bandar udara," ujar pengelola rumah tangga Poltekbang Jayapura Louis Simbiak di sela-sela pelatihan ketrampilan pemuda Biak, Kamis (12/9).

Ia mengakui, perubahan status diklat penerbangan Jayapura menjadi Poltekbang merupakan kebutuhan lembaga pendidikan di tanah Papua.

Louis menyebut, selama ini program pendidikan diploma III manajemen lalu lintas udara dan manajemen bandar udara di Indonesia Timur berada di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Dengan adanya perubahan status kelembagaan badan diklat penerbangan menjadi Poltekbang Jayapura maka mulai tahun 2020 sudah bisa menerima mahasiswa politeknik penerbangan," ujar Louis Simbiak menanggapi perubahan status kelembagaan Polktekbang Jayapura.

Ia mengatakan jika dua program studi di Poltekbang sudah beroperasi 2020 maka tiga tahun ke depan 2023/2024 tenaga sumber daya manusia orang asli Papua yang berkualifikasi diploma III penerbangan sudah bisa dihasilkan lembaga pendidikan penerbangan di Papua.

Kepada putra putri orang asli Papua lulusan SMA sederajat yang ingin berminat mengikuti pendidikan diploma III di Poltekbang Jayapura dapat menyiapkan diri dengan baik, salah satunya untuk mempersiapkan kesehatan jasmani.

"Kualifikasi tenaga penerbangan untuk pengatur lalu lintas udara dan pengelolaan bandar udara dimiliki Papua masih sangat sedikit sehingga masih dibutuhkan lembaga pendidikan tinggi mencetak SDM unggul Papua,"ujarnya.

Berdasarkan data Kementerian Riset dan Teknologi Nomor 186/IX/2018 tertanggal 7 September 2018 tentang perubahan status badan pendidikan Kementerian Perhubungan yakni Balai Diklat Penerbangan Jayapura menjadi Politeknik Penerbangan (Polbang) Jayapura dengan Prodi D.III Manajemen Lalu Lintas Udara, D.III Teknik Listrik Bandara dan D III Manajemen Bandar Udara.

Serta Balai Pendidikan Pelatihan Penerbang Banyuwangi menjadi Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi dengan Prodi D.III Penerbang Sayap Tetap dan D III Operasi Pesawat Udara.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024