Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menghendaki perekrutan sukarelawan untuk menyukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2020 dilakukan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Staf Ahli Gubernur Papua Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Ani Rumbiak di Jayapura, Jumat mengatakan, selain itu seluruh peserta wajib mengikuti tahapan dengan sistem 80 "offline" dan 20 "online" serta mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku.

"Di mana panitia seleksi (pansel) juga diharapkan memonitor tahapan-tahapan tersebut," katanya.

Ia mengatakan perekrutan itu dilakukan dalam rangka mendorong pemuda untuk mengambil peran penting dalam mengawal dan melaksanakan pembangunan nasional maka salah satunya melalui pelaksanaan kegiatan PON XX di Provinsi Papua.

"Di mana mengingat peran penting pemuda untuk menyukseskan PON XX pada 2020 maka Pemprov Papua melalui Dinas Olahraga dan Pemuda serta Pengurus Besar (PB) PON XX diberikan kepercayaan guna bertanggung jawab penuh menggalang dan merekrut sukarelawan olahraga nasional tersebut," ujarnya.

Dia menjelaskan kepercayaan yang diberikan oleh Pemprov Papua kepada DPD KNPI setempat untuk bertanggung jawab menggalang dan merekrut sukarelawan PON XX pada 2020 merupakan suatu kebanggaan besar bagi pemuda di "Bumi Cenderawasih".

"Pemuda merupakan manifestasi pembangunan nasional yang bertanggung jawab meneruskan tongkat estafet kepemimpinan melanjutkan generasi bangsa serta mewujudkan pembangunan bangsa dan negara secara berkelanjutan di mana perannya tidak bisa dipisahkan dari pembangunan kehidupan berbangsa serta bernegara," katanya.

Dia menambahkan penyiapan SDM pemuda yang matang harus senantiasa bertumpu pada pengembangan wawasan kebangsaan, kenegaraan, pengetahuan ilmiah serta profesionalitas keterampilan kerja.

"Sehingga mampu mendorong pemuda untuk senantiasa memberikan pengabdian kepada kepentingan nasional secara bertanggung jawab dan bermartabat," ujar Ani Rumbiak.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024