Biak (ANTARA) - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kabupaten Biak Numfor, Papua menyiagakan 78 personil khusus libur hari raya Natal dan tahun baru 2020 dalam upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat di wilayah Timur Indonesia.

"Dari 78 petugas siaga khusus libur Natal dan tahun baru disebar di empat kabupaten, yakni 47 orang standby di Kansar Biak, 8 orang di Pos SAR Nabire, 8 orang di Pos SAR Serui, 6 orang di unit Siaga SAR Supiori dan 16 orang standby di kapal SAR KN Wibisana," kata Kepala Kantor Basarnas Biak Melkianus Kotta seusai apel siaga khusus libur Natal dan tahun baru di Biak, Rabu.

Ia menyebut waktu siaga khusus libur Natal dan tahun baru personil SAR Biak akan dimulai pada Rabu 18 Desember 2019 sampai 8 Januari 2020.

Untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat selama libur Batari, menurut Melkianus Kotta, pihak SAR Biak menyediakan layanan informasi emergency call bebas pulsa call center 115 dan HP 0812 4771 2090.

Sedangkan sarana perlengkapan yang disiapkan selama libur khusus Batari, lanjut Melkianus Kotta, diantaranya sarana laut standby KN 243 Wibisana Biak, RB 205 Biak, RIB 01 Biak dan LCR 4 Unit.

Untuk sarana darat Basarnas Biak, menurut Melkianus Kotta, telah menyiagakan juga Rescue truck peralatan, rescue truck personil serta Rescue car peralatan.

"Sarana lainnya yang disiapkan selama libur khusus Nataru berupa peralatan SAR Medis dan peralatan SAR pendukung lainnya," ungkap Melkianus Kotta.

Bagi puluhan personil SAR terlibat siaga khusus libur Nataru, lanjut Melkianus sebagai fokus patroli kantor SAR Biak Posko induk,bergabung dengan potensi SAR di pelabuhan Laut serta bergabung dengan potensi di Bandara.

"SAR juga menyiapkan anggota siaga khusus libur di pelabuhan BMJ Biak, posko mobile di tempat-tempat wisata dan posko di pos SAR Wilayah kerja Kansar Biak meliputi Supiori,Yapen Kepulauan dan Nabire," jelasnya.

Pantauan di Biak hingga H-7 Natal aktivitas warga Biak berlangsung normal seperti angkutan umum,pusat perbelanjaan, bandara Frans Kaisiepo, pelabuhan dan kebikegi pusat perekonomian tetap buka melayani kebutuhan masyarakat.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024