Jayapura (ANTARA) - Ketua Kwartir cabang Gerakan Pramuka 2606 Kabupaten Biak Numfor, Papua  Drs Galvein Ap mengukuhkan dan melantik kepengurusan gugus depan Pramuka Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kantor SAR Biak, Sabtu.

Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Biak Numfor  Drs Galvien AP mengharapkan, pengurus gudep Basarnas Biak yang baru dilantik dapat bekerja sama menjalankan program kepramukaan khusus di lingkungan kantor SAR Biak.

"Saya berharap dengan terbentuknya gugus depan Pramuka SAR lebih meningkatkan kemampuan bagi para anggota Pramuka. Kelak anggota Pramuka ini akan dilatih kemampuan dalam bidang SAR,"harap Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Biak Galvein Ap.
 
Pengurus Gerakan Pramuka Cabang Kabupaten Biak Numfor menyambut baik dengan terbentuknya gugus depan ini diharapkan kerja sama untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam ketrampilan rescue.

Sementara itu, Kepala Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Biak Melkianus Kotta mengatakan,  pembentukan gugus depan gerakan Pramuka di lingkungan kantor SAR Biak sesuai dengan hasil kesepakatan kerja sama (MOU) antara Kepala Basarnas di Jakarta dengan dan pengurus Kwarnas Gerakan Pramuka di Jakarta.

"Tujuan pembentukan gugus depan Pramuka Basarnas Biak yaitu merupakan satu program kantor pusat dalam upaya untuk membangun karakter diri kita sebagai generasi masa depan yang ingin maju,"ungkap Melkianus Kotta dalam keterangan tertulis, Sabtu malam.

Ia menyebut, kegiatan organisasi Pramuka sangat bermanfaat guna menciptakan insan Pramuka yg terdidik, terampil untuk membangun daerah menjadi lebih maju.

Melkianus menambahkan, materi yang diberikan disamping tentang Pramuka, akan disampaikan juga materi tentang sejarah SAR dan materi lain yang menyangkut dengan ilmu SAR khusus pada pembinaan potensi SAR sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sudah ada

Ikut menyaksikan pengukuhan Gudep Pramuka Kantor SAR Biak diantaranya anggota Kwarcab Pramuka kabupaten Biak Numfor bersama dengan perwakilan satuan karya Pramuka diantaranya Saka Bhayangkara, Saka Bahari dan ada beberapa perwakilan Pramuka dari sekolah yang ada di Kabupaten Biak Numfor.




 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024