Banjarbaru (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor memimpin penyemprotan disinfektan di kantor sekretariat daerah provinsi Kalsel bersama tim dari Satpol PP dan Damkar Pemprov, Sabtu pagi di Banjarbaru.

Kegiatan dalam rangka mensterilkan ruang dan peralatan di kantor sekretariat itu dilaksanakan selama sekitar 2 jam mulai Pukul 07.00 hingga pukul 09.00 Wita.

Beberapa ruang yang disterilkan dengan disinfektan adalah ruang utama, lobi kantor, lorong-lorong antarruang kantor biro, dan tak ketinggalan ruang command center Pemprov Kalsel yang menjadi pusat rilis data Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kalsel.

Gubernur Kalsel secara aktif ikut memberikan komando dan sekaligus turut serta melakukan penyemprotan disinfektan dengan menggunakan pakaian pelindung sesuai protap.

“Penyemprotan ini dalam rangka upaya kita agar mensterilkan kantor pemerintahan untuk menangkal COVID-19,” ujar Paman Birin di sela kegiatan.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor meminta agar Tim Gugus Percepatan Penanganan COVID-19 se-Kalimantan Selatan memperketat pengawasan masuknya warga dari luar daerah terutama di daerah perbatasan.

Gubernur Sahbirin Noor di Banjarbaru Jumat, meminta seluruh kepala daerah di Kalsel bergerak melawan penyebaran COVID-19 dengan mengerahkan segala potensi yang dimiliki.

Bukan hanya pemerintah daerah, gubernur juga meminta, dunia usaha, masyarakat dan seluruh pihak terkait juga harus bersama sama melawan COVID-19 ini.

Sebelumnya, Gubernur Kalsel menggelar "teleconference" dengan bupati dan wali Kota se Kalsel di Comand center, Banjarbaru Kamis (2/4).

Pada kesempatan itu, seluruh kepala daerah, diminta mengoptimalkan pengawasan dan penanganan pertama terhadap orang dalam pemantauan ODP dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Selain itu, pemerintah daerah juga diharapkan menyiapkan petugas medis dan fasilitas kesehatan, memberikan bantuan sosial atau sembako, dan berkoordinasi dengan aparat baik TNI dan Polri.

Pewarta : Ulul Maskuriah
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024