Jayapura (ANTARA) - Personel Polres Mappi mengawal pembagian bantuan pangan non tunai (BPNT) di tengah pandemi COVID-19 bagi masyarakat terdampak virus corona di Kabupaten Mappi, Papua.

Kapolres Mappi AKBP Cosmos Jeujanan mengatakan bantuan BPNT ini merupakan program dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI yang dilakukan secara bertahap.

"Dengan bantuan tersebut diharapkan masyarakat terbantu apalagi ditengah Pandemi COVID-19 ini, namun belum semua mendapatkan bantuan tersebut, karena dilakukan secara bertahap," katanya.

Penyaluran BPNT itu, kata dia, diserahkan lewat Bank BRI bekerjasama degan pemerintah kampung setempat dan dikawal oleh Bhabinkamtibmas Polres Mappi untuk memastikan bantuan itu tepat sasara kepada warga terdampak virus corona.

"Dalam penyaluran bantuan tersebut, saya sudah perintahkan kepada personel Bhabinkamtibmas harus memastikan data penerima harus betul betul valid sehingga tidak terjadi ketimpangan saat pelaksanaan nanti dan dalam pelaksanaan masyarakat penerima BPNT akan langsung diberikan buku rekening dan kartu ATM Bank BRI," katanya.

Kapolres AKBP Cosmos menegaskan, pihak Kepolisian akan terus memantau proses penyaluran bantuan pangan non tunai (BPNT) di wilayahnya untuk mencegah penyimpangan maupun kesalahpahaman dengan warga penerima bantuan seiring penambahan kuota penerima manfaat yang diberikan pemerintah pusat.

"Bantuan BNPT akan di serahkan langsung kepada masyarakat secara merata tanpa ada potongan apapun, untuk itu kami lakukan pengawasan hingga ke level penyaluran demi memastikan bantuan pangan non tunai ini tepat sasaran karena bantuan ini merupakan wujud kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat pada situasi wabah virus corona saat ini," katanya.

Kapolres pun mengingatkan agar seluruh warga tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan ketentuan penanganan COVID-19 seperti menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun, menjaga jarak serta menghindari kerumunan orang.

Beras

Menyinggung soal bantuan sosial bertemakan “Polri Peduli COVID-19”, AKBP Cosmos mengatakan hal itu masih berjalan dan kali ini diberikan kepada masyarakat di Kampung Muin, Distrik Obaa, Kabupaten Mappi yang terdampak COVID-19.

"Bantuan berupa beras yang berasal dari bantuan Kapolri diserahkan kepada 60 Kepala Keluarga (KK) di Kampung Muin, dimana bantuan beras itu merupakan warga yang tidak dan belum mendapat bantuan dari pemerintah, baik pemerintah pusat, provinsi maupun daerah," katanya.

Menurut dia, penyerahan beras di Kampung Muin diberikan oleh Kasi Propam Ipda Alim Abdullah didampingi sejumlah personel dengan cara dari pintu ke pintu rumah warga. 

"Kami berharap bantuan ini dapat memberikan manfaat bagi yang menerima. Mereka yang mendapat bantuan sebagian besar warga kurang mampu, jompo, yatim/piatu dan yang belum mendapat bansos dari pemerintah di tengah pandemi COVID-19," katanya.

AKBP Cosmos menambahkan saat penyaluran beras bantuan Kapolri, warga juga diimbau untuk memperhatikan protokol kesehatan dalam mencegah penularan COVID-19.

Salah seorang warga penerimaan manfaat bantuan beras Kapolri, Selestinus Pakaimu menyampaikan terima kasih kepada Polres Mappi yang ikut membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak COVID-19. 

"Kami bangga dengan Polri yang terus hadir peduli masyarakat, semoga Polres Mappi sukses dalam melaksanakan tugas dan kamtibmas aman dan damai di Kabupaten Mappi," katanya.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024