Jayapura (ANTARA) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura mengklaim siap memenuhi kebutuhan air bersih untuk rumah sakit rujukan COVID-19 di Kota dan Kabupaten Jayapura.

Direktur Utama PDAM Jayapura Entis Sutisna, di Jayapura, Selasa, mengatakan khusus untuk Rumah Sakit Angkatan Laut Dr. Soedibjo Sardadi Jayapura, bahkan pihaknya sudah menyalurkan dua mobil tangki air secara gratis selama dua minggu belakangan.

"Meskipun demikian, kami pun sudah melakukan pengecekan dan pemetaan di lapangan untuk selanjutnya akan dibangun jaringan yang baru," katanya.

Menurut Entis, setelah tim teknis melakukan pengecekan, memang dibutuhkan sejumlah besar anggaran untuk pembenahan di dalam dan luar jaringan di dalam RSAL tersebut.

"Namun, mengingat kondisi pandemi Covid kini, kami mengharapkan ada solusi bersama dengan tetap memprioritaskan layanan air bersih bagi rumah sakit yang menjadi rujukan pasien Corona," ujarnya.

Dia menjelaskan sedangkan untuk rumah sakit rujukan COVID-19 hingga kini pihaknya terus memantau seperti di RSUD Jayapura yang sudah lancar karena PDAM telah melakukan perbaikan jaringan.

"Rumah Sakit Bhayangkara juga tidak ada masalah, termasuk RS Abepura yang sempat mengalami permasalahan kini sudah aman, demikian juga di RS Dian Harapan," katanya lagi.

Dia menambahkan jadi intinya untuk rumah sakit, pihaknya memberikan prioritas, di mana penanganannya segera ditindaklanjuti jika rumah sakit berkoordinasi langsung, bahkan PDAM juga sudah menyiapkan pelayanan mobil untuk mendropping kebutuhan air bersih dalam situasi darurat.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024