Jayapura (ANTARA) - Bank Indonesia Perwakilan Papua membuka layanan pemesanan penukaran uang pecahan Rp 75.000 secara kolektif. 
 
 Kepala BI Perwakilan Papua Naek Tigor Sinaga di Jayapura, Selasa mengatakan, mulai Selasa (25/8) BI memberikan kesempatan kepada masyarakat melakukan pemesanan dan penukaran secara kolektif uang peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia (UPK 75 Tahun RI).
 
Kesempatan itu diberlakukan diseluruh kantor Bank Indonesia mulai pukul 07.00 WIB atau pukul 09.00 WIT bertujuan mewujudkan komitmen BI dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar proses pemesanan dan penukaran lebih cepat dan aman. 
 
Selain itu juga,lanjut Naek Sinaga, sebagai respons terhadap animo masyarakat yang begitu besar untuk memiliki UPK 75 Tahun RI setelah dibukanya periode pemesanan sejak tanggal 17 Agustus 2020. 
 
Kepala BI Papua menyatakan, khusus untuk penukaran di kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua hingga kini individu yang dilakukan sebanyak 504 bilyet dan penukaran secara kolektif sebanyak 755 bilyet dengan total penukaran sebanyak 1.259 bilyet.
 
Adapun persyaratan bagi masyarakat yang akan melakukan pemesanan dan penukaran UPK 75 Tahun RI secara kolektif, menurut Naek Sinaga, yaitu WNI, memiliki KTP, minimal mewakili 17 orang dan satu KTP hanya berlaku untuk satu lembar UPK 75 RI.
 
Beberapa warga Kota Jayapura mengaku senang dengan dibukanya layanan penukaran uang yang dikeluarkan khusus menyambut HUT RI ke 75 secara kolektif mengingat untuk mendaftar online sudah penuh. 
 
"Saya sudah sejak tanggal 20 Agustus lalu mencoba mendaftar melalui online namun penuh hingga akhir September mendatang, " aku Marthen yang mengaku akan menukar secara kolektif bersama rekan-rekannya. 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024