Jayapura (ANTARA) - Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua menerima lima unit mobil perpustakaan dari Perpustakaan Nasional RI.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua Christian Sohilait di Jayapura, Selasa, mengatakan lima unit mobil perpustakaan ini guna menyukseskan dan sekaligus mengambil peran perpustakaan dalam rangka memeriahkan PON XX 2021 di Provinsi Papua.

"Satu unit kendaraan tersebut akan diberikan kepada perpustakaan di Kabupaten Merauke dan empat unit lainnya akan ada di Kota dan Kabupaten Jayapura yang merupakan tempat utama pergelaran PON Papua," katanya.

Menurut Christian, nantinya mobil perpustakaan tersebut selain sebagai sarana membaca untuk8 menambah wawasan umum, tapi diharapkan juga dapat memberikan informasi mengenai PON 2021 Papua.

"Pekan lalu saya mengunjungi Kabupaten Merauke dalam rangka melihat pendidikan di sana, ikut meresmikan gedung perpustakaan Kabupaten Merauke dan juga mendapatkan bantuan dari Perpustakaan Nasional RI berupa lima unit kendaraan tersebut," ujarnya.

Dia menjelaskan selama di Merauke, pihaknya melihat tentu banyak persoalan pendidikan terutama SMA dan SMK.

"Setelah mendapatkan berbagai persoalan ini tentu harus selamatkan dan tolong siswa-siswi kami ini bagaimana mendapatkan pelayanan pendidikan yang baik," katanya lagi.

Dia menambahkan dalam kunjungan ke Kabupaten Merauke selain melihat pelayanan pendidikan, dirinya juga mengikuti peresmian perpustakaan daerah Kabupaten Merauke dan peresmian pojok baca Sota yang merupakan daerah perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini (PNG).

Sekadar diketahui, selama di Merauke, dirinya juga melakukan kegiatan talk show literasi bersama Kepala Perpustakaan Nasional Moh Syarif Bando dan Pj Sekda Kabupaten Merauke guna menjawab persoalan pendidikan di wilayah tersebut.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024