Wamena (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua, bersama Bawaslu dan perwakilan parpol pendukung pasangan calon mengecek kelengkapan logistik pilkada yang baru tiba di Kabupaten Jayawijaya. 

Anggota KPU Divisi Data dan Produk Yalimo Elius Wandik di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, mengatakan pengecekan logistik dilakukan Rabu dan dihadiri Kapolres Yalimo serta beberapa pihak terkait.

"Kami secara resmi membuka logistik dan jumlah surat suara yang sudah ada 93.222 , tinta 654, kabel ties 984, semuanya dalam keadaan baik dan aman," katanya.

Tahap selanjutnya adalah pelipatan surat suara dan dilanjutkan dengan pendistribusian logistik menggunakan pesawat maupun melalui jalur darat. Dua distrik pendistribusian logistik yang melalui jalur udara adalah Distrik Benawa dan Welarek.

"Besok kami mulai lipat karena waktu kita tersisa beberapa hari lagi. Kemungkinan besar logistik yang kami buka ini sudah lengkap semua karena jumlah TPS kami 327. Untuk yang distribusi dengan pesawat, di Benawa ada beberapa titik, lalu di Distrik Welarek juga ada beberapa titik," katanya.

Ia mengatakan logistik pilkada itu setelah dilipat di Kabupaten Jayawijaya, selanjutnya akan didistribusikan ke Kabupaten Yalimo sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Anggota Bawaslu Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Sengketa Yalimo Yohanes Dogopi mengatakan logistik yang dibuka semuanya dalam keadaan segel dan aman.

"Kami belum temukan logistik kurang, namun kami yakin sudah sesuai dengan yang ada dalam jumlah kotak logistik," katanya

Ia memastikan pengawasan dari Bawaslu terus dilakukan terhadap seluruh proses yang dilakukan oleh KPU.

"Bahkan pada saat distribusi sampai ke TPS juga akan ada jajaran kami yang akan mengawasi," katanya.

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024