Jayapura (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Regional VIII Papua-Maluku melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) memberikan bantuan kepada tujuh mantan atlet Kabupaten Merauke yang telah berhasil mengukir prestasi membanggakan di bidang olah raga baik tingkat nasional hingga internasional. 

Unit Manager Communication, Relations and CSR Pertamina Regional Papua-Maluku Edi Mangun dalam siaran pers di Jayapura, Selasa, mengatakan hal tersebut merupakan bentuk perhatian dan kepedulian pihaknya kepada para mantan atlet yang telah mengharumkan nama negara dan Provinsi Papua khususnya Kabupaten Merauke di era tahun 80 sampai 90-an.

"Pemberian bantuan ini merupakan wujud apresiasi terhadap perjuangan para mantan atlet nasional asal Kabupaten Merauke," katanya.

Menurut Edi, pihaknya harus terus mengenang jasa yang telah mengharumkan nama Indonesia, bantuan ini dapat menjadi motivasi bagi para atlet yang akan mewakili Provinsi Papua dalam perhelatan akbar PON XX pada 2021 di Bumi Cenderawasih.

"Pertamina akan terus mendorong para mantan atlet untuk tetap semangat menjalani masa pensiun sebagai atlet," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya berharap dengan adanya bantuan dari Pertamina kepada tujuh mantan atlit berprestasi asal Kabupaten Merauke tersebut dapat menjadi contoh bagi pemerintah maupun pihak swasta agar dapat memperhatikan nasib para mantan atlet yang telah mengukir nama Provinsi Papua khususnya Kabupaten Merauke melalui bidang olahraga. 

"Pertamina hadir bagi para mantan atlet, ini adalah bentuk rasa hormat dan bangga tersendiri," katanya lagi.

Sementara itu, salah satu perwakilan mantan atlet Geraldus Maeno Balagaize mengatakan pihaknya menyampaikan terimakasih kepada Pertamina yang telah mengulurkan tangan untuk melihat mantan atlet  di Kabupaten Merauke. 

"Saya berharap Menteri BUMN di Jakarta melalui Pertamina dapat membantu pembinaan atlet berpola asrama di Merauke sehingga pengembangan potensi olahraga di wilayahnya dapat maksimal," katanya.

Pemberian bantuan uang tunai tersebut dalam rangka menjelang peringatan Hari Olahraga Nasional 9 September 2021, di mana bantuan itu diserahkan secara simbolis Excutive General Manager Pertamina Regional Papua Maluku Yoyok Wahyu Maniadi l kepada salah satu perwakilan mantan atlet yaitu Geraldus Maeno Balagaize dengan penerapan standar protokol COVID-19, berlangsung di Kantor Pertamina Fuel Terminal Merauke, Selasa (31/8).

Ketujuh mantan atlet yang memperoleh bantuan dari Pertamina yakni Geraldus  Maeno Balagaize (mantan atlet Lempar Lembing, Lempar Cakram dan Tolak Peluru) Juara Asean School 1983 di Malaysia, Juara SEA Games 1983 di Singapura, Juara SEA Games 1985 di Bangkok Thailand, Juara SEA 1987 di Jakarta, Juara Asia di Jakarta 1987, Juara Asia di Kuwait 1986. 

Kemudian, Timothius Sokai Ndiken (mantan atlet Lempar Lembing dan Dasa Lomba ) Juara SEA Games 1993, Margaretha Kaize (mantan atlet Volly Pantai), Osianus Kahol (mantan atlet Lempar Lembing), Fredy Mahuze (mantan atlet Lempar Lembing-Pelatih Nasional), Vincent Gebze (mantan atlet Tolak Peluru-Pelatih PON) dan Ponsianus Kahol (mantan atlet Lempar lembing).
 

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024