Biak (ANTARA) - Masyarakat di Kabupaten Biak Numfor terus memanfaatkan layanan vaksinasi COVID-19 di klinik kesehatan Polres Biak guna mendukung percepatan vaksinasi pemerintah daerah menjelang bulan Ramadhan 1443 Hijriyah.

"Saya baru saja melaksanakan vaksin booster (penguat) di klinik polres di mana ini salah satu upaya warga mendukung pencapaian vaksinasi 80 persen yang dicanangkan pemda," kata Roy, salah satu warga Biak Kota seusai mendapat suntikan vaksin booster di klinik kesehatan Polres Biak, Rabu.

Menurut Roy, prosedur mendapat suntikan vaksin ketiga penguat diberikan petugas kesehatan klinik Polres sangat mudah dan cepat di mana persyaratannya sederhana yakni harus memiliki identitas kartu penduduk, kartu keluarga atau sertifikat vaksin.

"Saya divaksin hanya membawa bukti sertifikat vaksin tahap satu dan vaksin dua sehingga bisa disuntik vaksin tiga booster," ujar karyawan perusahaan swasta di Biak tersebut.

Sementara itu, warga Biak lain Maxsi juga mengatakan layanan vaksinasi disediakan pemerintah melalui Klinik Polres setempat sangat membantu masyarakat dalam memperoleh suntikan vaksin.

"Kami warga sangat terbantu dan mendapat kemudahan pada layanan vaksinasi disediakan pemerintah daerah dan Polres Biak," ujarnya.

Dia menjelaskan ketika melakukan vaksin tiga atau penguat syaratnya hanya memperlihatkan KTP atau identitas kartu vaksin dosis satu atau dosis dua.

"Maka sebaiknya ikuti saja vaksinasi yang dianjurkan pemerintah sebagai wujud nyata dukungan warga untuk kesehatan kita dan keluarga," katanya lagi.

Sebelumnya, Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Biak Numfor Ruslan Epid mengatakan capaian vaksinasi yang dicanangkan pemerintah daerah untuk dosis satu 80 persen telah melebihi target.

"Untuk vaksin tahap dua capaian di atas 52 persen dan vaksin booster 4,93 persen. Ya, untuk layanan vaksinasi diberikan setiap hari jam kerja melalui fasilitas kesehatan pemerintah dan klinik Polres Biak," katanya.

Pantauan ANTARA, warga berbagai kampung dan distrik Kabupaten Biak Numfor sangat terbantu dengan layanan vaksinasi di klinik Polres Biak serta mendapat hadiah beras lima kilogram bagi warga yang selesai mengikuti vaksin.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024