Jayapura (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua menyediakan layanan penukaran uang bagi masyarakat yang hendak melakukan penukaran menjelang hari raya Idul Fitri

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Juli Budi Winantya di Jayapura, Minggu, mengatakan untuk menyalurkan uang pecahan ke masyarakat bisa dilakukan melalui perbankan atau kasi keliling milik Bank Indonesia

“Bank Indonesia senantiasa berkoordinasi dengan perbankan dan lembaga terkait untuk memberikan layanan penukaran langsung,” katanya.

Menurut Juli, untuk penukaran melalui kas keliling pihaknya menyediakan aplikasi PINTAR yang mana masyarakat bisa mendaftar terlebih dahulu sehingga tidak terjadi penumpukan antrian.

"Untuk penukaran di kas keliling kami menghindari terjadinya kerumunan,” ujarnya.

Dia menjelaskan pada aplikasi tersebut akan dilihat titik-titik mana saja yang menjadi tempat kas keliling serta waktu pelaksanaan penukarannya.

“Masyarakat diharapkan melakukan pemesanan terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR (https://pintar.bi.go.id) sebelum hadir ke lokasi kas keliling," katanya.

Dia menambahkan agar masyarakat mengutamakan penggunaan non tunai dalam melakukan transaksi, antara lain QRIS, uang elektronik, dan digital bank yang dapat meminimalisir kontak fisik dalam bertransaksi.

" Kami berharap agar masyarakat yang belanja lebih bijak sesuai kebutuhan, berhemat, dan merawat Rupiah guna mendorong kesadaran masyarakat untuk semakin Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah (CBP),” ujarnya.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024