Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Indonesia menang telak 7-0 melawan Nepal pada penyisihan Grup A kualifikasi Piala Asia AFC 2023 di stadion Internadional Jaber Ah-Ahmad Kuwait pada Rabu dini hari.

Tujuh gol kemenangan timnas “Garuda”  dicetak
Witan Sulaeman dengan dua gol.

Serta masing-masing satu gol dicetak Muhammad Dimas Drajat Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott dan Marselino Ferdinan.

Timnas ndonesia bakal mencatatkan lima kali penampilan di Piala Asia setelah sebelumnya, skuad “Garuda” berkompetisi pada edisi 1996, 2000, 2004 dan 2007.

Dalam pertandingan kontra Nepal, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mempertahankan strategi bermain

Strategi bermain dengan tiga bek tengah dipasang Shin Tae-yong yaitu Elkan Baggott, Rizky Ridho dan sang kapten Fachruddin Aryanto sangat solid.

Dengan formasi 5-2-3 saat bertahan dan 3-4-3 kala menyerang, Indonesia memulai pertandingan dengan langsung menekan pertahanan Nepal.

Saddil Ramdani sudah mengancam dengan sepakan tepat sasaran pada menit pertama. Terus menyerang, skuad “Garuda” akhirnya membuka keran gol pada menit keenam lewat sundulan Muhammad Dimas Drajad yang meneruskan “assist” Asnawi Mangkualam.

Timnas Nepal bermain 10 orang setelah Suman Aryal melakukan pelanggaran yang berbuah kartu kuning kedua alias kartu merah untuk dirinya pada menit ke-33.

Setelah turun minum, Shin memasukkan nama-nama baru seperti Marselino Ferdinan dan Muhammad Rafli. Hasilnya, Indonesia jadi lebih “menggila”.

Gelandang muda berusia 17 tahun Marselino Ferdinan menutup gol menit ke-90 bagi timnas Indonesia dengan kemenangan 7-0 atas Nepal.

Kemenangan besar 7-0 menghadapi Nepal membuat timnas Indonesia dapat dipastikan lolos ke piala Asia 2023.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 setelah bantai Nepal 7-0

Pewarta : Michael Siahaan
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024