Jakarta (ANTARA) - Staf Khusus Presiden Joko Widodo Billy Mambrasar berjanji siap menjadi jembatan memberikan kesempatan talenta anak-anak Indonesia dan Provinsi Papua.

"Semua anak muda Indonesia punya kesempatan untuk maju dan diperlukan untuk dapat berdiri sejajar dan memainkan peran di level sama,
,” ujar Billy Mambrasar dalam diskusi virtual Y20 “Pendidikan Inklusif”

Billy mengatakan, Provinsi Papua memiliki indeks pembangunan manusia paling rendah di Indonesia.

“Sejujurnya saya masih menghadapi stereotip kenapa kamu dipilih sebagai Staf Khusus Presiden dan jawabannya adalah beberapa orang mengatakan oh mungkin karena dia adalah orang Papua dan dia mewakili Papua. Mematahkan stereotip itu adalah sesuatu yang sedang saya lakukan,” kata dia.

Ia berharap anak-anak muda  mengikuti jejaknya mengalahkan tantangan stereotip.

"Saat kami masih kecil kami tidak memiliki akses untuk listrik dan saya tidak punya cahaya untuk membaca, saya menggunakan lilin untuk membaca , saya tidak punya uang untuk membayar biaya sekolah. Bahkan, tidak memiliki akses internet pada waktu itu,”ungkapnya.

Ia mengatakan prioritas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bagaimana generasi Indonesia memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi.

“Saya mempraktikkan kemampuan berpikir  itu di Yahukimo. Ketika saya memberikan pertanyaan saya ingin mereka menjawab pertanyaan saya itu tidak hanya menjelaskan sesuatu apa itu tetapi juga menjelaskan bagaimana dan kenapa.Ketika menjelaskan kenapa kita harus menjaga gunung dan laut itu tidak hanya menjelaskan terkait melestarikan gunung dan laut tapi juga membuat penjelasan kenapa kita harus melestarikan gunung dan laut  untuk melestarikan gunung dan laut," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Billy Mambrasar siap jadi jembatan bagi anak-anak muda Papua

Pewarta : Azis Kurmala
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024