Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura mengharapkan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) setempat lebih fokus untuk melakukan pembinaan dan pengembangan industri kerajinan di wilayah tersebut.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Jayapura Widi Hartanti kepada Antara di Jayapura, Kamis, mengatakan seni budaya yang dimiliki pengrajin di wilayah tersebut yang dituangkan dalam karya kerajinan hingga kini belum dapat meningkatkan kesejahteraan perajin karena adanya permasalahan yang dihadapi.

"Permasalahan tersebut antara lain kemampuan dasar, akses permodalan, akses pasar dan perkuatan jaringan sehingga menjadi tantangan bagi pengurus Dekranasda Kota Jayapura untuk lebih fokus melakukan pembinaan dan pengembangan industri kerajinan," katanya.

Menurut Widi, untuk mewujudkan masyarakat pengrajin yang sejahtera dengan hasil produk yang berdaya saing di pasar lokal maupun global maka perlu mendapatkan bimbingan dan pelatihan teknis desain.

"Dengan menggunakan teknologi terkini namun tidak menghilangkan kearifan lokal dan perajin harus dapat mengembangkan kreatifitas dan inovasi," ujarnya.

Dia menjelaskan tujuan mengembangkan kreatifitas agar produk yang dihasilkan perajin benar-benar berkualitas.

"Sehingga kami berharap pembinaan dan pengembangan industri yang dilakukan dapat berjalan optimal," katanya lagi.

Sekadar untuk diketahui Dekranasda Kota Jayapura telah melakukan rapat kerja untuk menetapkan program kerja 2023 yang dibuka oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Jayapura Widi Hartanti pada Kamis (23/6).

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024