Jayapura (ANTARA) - Harga bawang merah antar pulau (anpu) di Jayapura saat ini tercatat Rp80 ribu per kilo gram.
 
"Memang harga bawang merah sejak akhir bulan Juni lalu hingga kini masih tetap Rp80 ribu per kilo gram karena harga  dari tingkat penyalur juga belum turun, kata Siti, salah satu pedagang di pasar Hamadi Jayapura kepada Antara, Selasa.
 
Diakui, selain harga bawa merah asal Surabaya, harga bawang merah lokal dari Arso, Kabupaten Keerom, juga masih stabil yakni Rp70 ribu per kilo gram.
 
"Belum ada tanda-tanda harga bawang merah turun, " tambah Siti. Saat ini pembeli banyak yang beralih membeli bawang merah asal India yang harganya relatif murah yakni Rp40 ribu per kilo gram.
 
 
Akibat mahalnya harga bawang merah menyebabkan banyak yang beralih ke bawang merah India walaupun baunya tidak seenak bawang merah asli Indonesia, aku Siti.
 
Maria, salah seorang pemilik rumah makan mengaku sejak harga bawang merah naik dirinya beralih ke bawang merah India untuk bumbu masak dengan perbandingan setengah bawang merah lokal dan setengah bawang merah India.
 
"Syukurlah hingga kini tidak nada komplain dari pembeli, " aku Maria yang menjual aneka makanan siap santap di kawasan Entrop.
 
Selain harga bawang merah yang stabil juga harga cabai rawit masih Rp100 ribu per kilo gram, bawang putih Rp40 ribu per kilo gram, wortel Rp25 ribu per kilo gram, kentang Rp30 ribu per kilo gram, buncis Rp10 ribu per kilo gram, bunga kol Rp35 ribu per kilo gram.
 
 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024