Jayapura (ANTARA) - Korem 172/PWY menjaring 113 peserta ikut lomba video kreatif 94 detik berarti dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda pada tahun 2022.
 
Kapenrem 172/PWY Mayor Inf. Dewa Made Dharmawan di Jayapura, Senin, menyebutkan para peserta berasal dari berbagai daerah di wilayah Korem 172/PWY.
 
Panitia telah melakukan pertemuan dengan para peserta secara virtual sehingga mendapat penjelasan terkait dengan teknis pelaksanaan lomba video kreatif.
 
Kapenrem berharap peserta dapat memahami dan mengerti tentang mekanisme pelaksanaan dan kriteria lomba sesuai dengan tema, apalagi waktunya relatif singkat atau hanya 94 detik.
 
Mayor Inf. Made mengatakan bahwa peserta harus memperhatikan teknis-teknis dan mampu menuangkan ide-ide kreatif.
 
Menurut dia, ini merupakan tantangan. Namun, diyakininya pemuda Papua yang ikut serta dalam lomba ini memiliki semangat pantang menyerah untuk menciptakan karya.
 
Bila mengalami kesulitan dalam hal mengirim karyanya, lanjut dia, peserta bisa meminta bantuan ke pos-pos TNI yang ada di daerahnya.
 
"Bagi pemenang, akan ditayangkan di XXI Jayapura," kata Mayor Inf. Made.
 
Dosen ISBI Tanah Papua Muhammad Ilham M. MurdaIam yang menjadi salah satu juri mengatakan bahwa konsep video harus benar-benar memiliki nilai yang berbeda dari kebanyakan konsep video pendek yang ada saat ini.
 
Isi dari video tersebut, kata MurdaIam, harus sesuai dengan tema dan resolusi video itu 1080 full HD karena akan ditayangkan di XXI. Selain itu, pencahayaan dalam pengambilan gambar serta audionya juga harus diperhatikan.
 
"Kreativitas dalam membuat video sangat dibutuhkan," ujar Murdalam.

Wilayah kerja Korem 172/PWY meliputi Kota dan Kabupaten Jayapura, Keerom, Sarmi, Mamberamo Raya, Jayawijaya, Mamberamo Tengah, Yalimo, Tolikara, Lanny Jaya, Yahukimo, Nduga, dan Kabupaten Pegunungan Bintang.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024