Sentani (ANTARA) - Sebanyak 100 stan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Jayapura, Papua disiapkan panitia Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI saat Festival Danau Sentani atau FDS 

Koordinator Bidang Side Iven KMAN VI Kabupaten Jayapura Parson Horota dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Selasa, mengatakan 100 stan bagi UMKM tersebut diberikan secara grtais bagi pelaku usaha yang dibina oleh pemerintah daerah setempat. 

"Kami berharap dengan stan gratis ini UMKM dapat memanfaatkannya demi kelancaran usaha mereka sehingga pendapatan juga meningkat," katanya.

Menurut Parson, pelaku UMKM yang dilibatkan selama pelaksanaan di FDS merupakan selain binaan Pemkab Jayapura namun ada juga pengusaha muda milenial serta UMKM yang baru muncul. 

"Sehingga melalui FDS kami harap semua UMKM lebih baik dalam mempromosikan hasil produk terutama pengusaha muda," katanya lagi. 

Dia menjelaskan semua cara yang dilakukan pemerintah daerah setempat ialah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Jayapura. 

Selain itu kata dia, pihaknya juga melibatkan BUMN khususnya perbankan pada Festival Danau Sentani atau FDS untuk meningkatkan transaksi elektronik selama pesta budaya itu berlangsung. 

"Jadi kami bekerjasama dengan Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia dan ada juga dari Bank Danamon," katanya. 

Dia menambahkan dengan adanya perbankan di FDS bertujuan agar jika ada pengunjung yang berbelanja bisa melakukan transaksi elektronik.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024