Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah,  menggunakan Dana Otonomi Khusus Papua (Otsus) untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa program S1 hingga S3.
 
"Beasiswa untuk mahasiswa asal Puncak Jaya baik itu program S1 hingga S3 dibiayai melalui beasiswa," kata Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda kepada ANTARA, Selasa.
 
Bupati Puncak Jaya yang dihubungi dari Jayapura, Papua, mengatakan sekitar 500 mahasiswa asal wilayahnya yang menerima beasiswa yang kini belajar di berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia.
 
Selain itu dengan menggunakan Dana Otsus, pihaknya merehabilitasi asrama mahasiswa yang ada di lima kota yaitu Jayapura, Manokwari, Manado, Makassar dan Yogyakarta.
 
Dana Otsus yang dialokasikan untuk membiayai berbagai program pendidikan termasuk beasiswa bagi mahasiswa asal Puncak Jaya sebesar Rp10 miliar.
 
Adapun Dana Otsus yang diterima Pemkab Puncak Jaya sebesar Rp80 miliar.
 
Dana Otsus itu, kata Wonda, juga digunakan untuk membangun sekolah beserta fasilitas pendukungnya dan berbagai program lainnya sesuai peruntukan.
 
Ada empat program yang dibiayai Dana Otsus yakni pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan perekonomian khusus untuk orang asli Papua (OAP).
 
"Dana Otsus sangat membantu masyarakat khususnya OAP yang ada di Kabupaten Puncak Jaya karena dana tersebut memang diperuntukkan bagi keempat program, " kata Bupati Yuni Wonda.
 
 
 
 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024