Sentani (ANTARA) - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Jayapura, Papua menyebut situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) sangat berperan penting terhadap peningkatan perekonomian di wilayah itu.

Ketua PHRI Kabupaten Jayapura Bambang Zulhadi di Sentani, Selasa, mengatakan perputaran ekonomi di daerah ini masih tergantung dari situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif.

"Kami berharap keamanan terus dijaga dengan baik sehingga pemerintah daerah setempat dapat mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan perputaran uang di Kabupaten Jayapura," katanya.

Zulhadi pun mengharapkan adanya tiga Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua tidak akan memperlambat aktivitas perekonomian, terutama di Bandar Udara Sentani yang merupakan pintu gerbang ekonomi di bumi 'Kenambai Umbai' tersebut.

"Kami sangat berharap keamanan tetap terjaga karena menjadi bagian dalam mendukung tingkat hunian kamar hotel  yang ada di Kabupaten Jayapura,"ujarnya.

Selain itu, ia menginginkan agar infrastruktur jalan Sentani-Depapre segera terealisasi sehingga para pengunjung bisa mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Jayapura.

"Karena dengan begitu akan berdampak pula pada peningkatan ekonomi masyarakat yang berada di kampung-kampung serta pengelola objek wisata," katanya lagi.

Ia memastikan, jika ke depan keamanan terus terjamin, maka perekonomian di Papua akan tumbuh lebih cepat dan hal tersebut akan berdampak pada hotel dan restoran yang ada di Kabupaten Jayapura.

Dengan demikian, tambah dia, kondisi itu akan memperkuat daya tahan perekonomian lokal dari dampak potensi perlambatan ekonomi pada 2023.

"Untuk itu keamanan harus tetap terjaga supaya aktivitas perekonomian di bumi 'Kenambai Umbai' itu bisa tetap dalam tahapan normal," katanya lagi.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024