Sentani (ANTARA) - Penjabat Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo meluncurkan Gedung Public Safety Center (PSC) 119 Hasale Hokhosobo untuk penanganan kegawatdaruratan yang dihadapi masyarakat di wilayah itu.

"Kami berharap dengan adanya unit pelayanan PSC 119 di Kabupaten Jayapura, Papua, semua tenaga kesehatan yang terlibat dapat melaksanakan tugasnya dengan baik," kata Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo di Sentani, Senin.

Menurut Triwarno, pihaknya juga meminta agar Dinas Kesehatan setempat dapat menyosialisasikan alur kerja dari PSC 119 kepada masyarakat di bumi 'Kenambai Umbai tersebut.

"Sehingga masyarakat saat menghadapi kegawatdaruratan bisa menghubungi call center 119 dan tim PSC bisa menyiapkan mobil ambulans untuk datang langsung dan melayani warga yang sakit," ujarnya.

Dia menjelaskan, pihaknya juga memberikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan dengan adanya PSC 119 yang merupakan prestasi dan kebanggaan buat masyarakat Papua, khususnya di Kabupaten Jayapura. Pelayanan tersebut merupakan yang pertama ada di 'Bumi Cenderawasih' tersebut.

"Kami minta ke depan fasilitas gedung PSC dan mobil ambulans dapat difungsikan dengan baik oleh tenaga kesehatan dan kami minta tetap mempertahankan serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Khairul Lie mengatakan, pelayanan pada unit PSC pihaknya telah menyiapkan tiga unit l ambulans.

"Di mana satu ambulans untuk mengatasi masyarakat yang mengalami masalah seperti sakit jantung di rumah bisa dilakukan tindakan dalam mobil sebelum sampai ke rumah sakit dan dua mobil untuk melakukan monitoring," katanya.

Dia menjelaskan, ada delapan tenaga kesehatan atau nakes yang disiapkan pada unit pelayanan PSC yang dibagi dalam penjadwalan kerja, sehingga fungsional selama 24 jam.

"Sementara yang bertugas menerima panggilan ialah bukan dari nakes tetapi orang lain, sehingga nakes bisa bergerak cepat untuk melayani saat ada panggilan," ujarnya.

Dia menambahkan, pelayanan pada unit PSC 119 di Kabupaten Jayapura telah terkoneksi dengan National Comand Center (NCC) 119 dari Kementerian Kesehatan RI.

"Sehingga berapa banyak masyarakat yang melakukan panggilan maka Kemenkes akan mengetahuinya," katanya.

Peluncuran gedung PSC 119 Kabupaten Jayapura berlangsung bersamaan dengan acara lepas sambut tahun 2023 Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura di Sentani, Rabu (18/1)

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024