Jayapura (ANTARA) - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Jayapura, Papua Raymond Mandibondibo mengatakan setiap anak di wilayah itu yang sudah memiliki Kartu Identitas Anak (KIA) akan mendapat potongan harga saat berbelanja di beberapa tempat usaha.

"Jadi untuk warga Kota Jayapura yang mempunyai anak sudah memiliki KIA akan mendapat potongan harga di beberapa tempat usaha yang produknya terkait dengan anak," katanya kepada Antara di Jayapura, Kamis.

Menurut Raymond, produk yang diberikan potongan harga kepada anak yang memiliki KIA seperti di toko buku, hotel dalam pemanfaatan kolam renang dan juga taman bermain serta pakaian bayi.

Dia menjelaskan tujuan kerja sama dengan pelaku usaha dan pihak perhotelan dalam pembuatan KIA itu agar masyarakat atau keluarga terdorong untuk membuat identitas bagi anak.

"Karena selain amanat dari undang-undang tetapi juga orang tua perlu memberikan identitas bagi anaknya sehingga diharapkan agar semua anak di Kota Jayapura bisa memilik KIA," ujarnya.

Terkait itu, pihaknya juga telah melakukan pertemuan dengan beberapa pemilik usaha di Kota Jayapura untuk bekerjasama terkait pembuatan KIA agar diberi potongan harga saat berbelanja.

Dia berharap dengan adanya potongan harga di tempat-tempat usaha dapat merangsang orang tua dalam membuat KIA bagi anak.

"Kami juga telah menyurati ke semua sekolah mulai dari Taman Kanak-kanak (TK), SD dan SMP di Kota Jayapura agar membantu memberikan data anak yang belum memiliki KIA agar dapat dilayani," katanya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024