Biak (ANTARA) - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Biak Numfor, Papua memberikan tempat kalangan anak muda di daerah itu menampilkan kreativitas dan bakat di berbagai ajang seni, budaya, dan olahraga yang diselenggarakan pemkab setempat.

Kepala Dispora Biak Numfor Arius Mirino di Biak, Selasa, mengatakan setiap anak dan pemuda yang mempunyai prestasi olahraga, seni budaya, dan pendidikan diberikan kesempatan ikut berlomba dan tampil dalam berbagai ajang tersebut karena sesuai visi misi Bupati Herry Ario Naap mewujudkan daerah setempat yang religius, berkarakter, dan berbudaya.

"Dispora membuka ruang bagi anak-anak muda di Biak Numfor untuk mengeksploitasi talenta bakat seni budaya, olahraga, dan pendidikan, "kata dia.

Pada awal 2023, Pemkab Biak Numfor telah menyelenggarakan lomba seni budaya Tari Yosim Pancar Jalan, sedangkan dalam olahraga memfasilitasi kejuaraan bulu tangkis antarpelajar SD, SMP, SMA/SMK.

Selain itu, pembinaan potensi kawula muda dalam cabang olahraga, sepakbola, atletik, dan pencak silat dan voli.

"Untuk pertandingan olahraga sampai saat ini masih berlangsung seperti sepakbola dan bulutangkis, sedangkan atletik dengan pencak silat dalam persiapan," kata dia.

Pemkab Biak Numfor juga telah memberikan bantuan modal usaha kepada anak muda setempat yang menggeluti dunia fesyen supaya memiliki kemampuan yang baik dalam mendesain pakaian.

"Saya minta potensi kawula muda yang menekuni desainer pakaian untuk dibantu guna mengembangkan bakat minatnya," kata Bupati Herry Ario Naap.

Di bidang pemerintahan, ujarnya, banyak anak muda yang orang asli Papua lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor menduduki jabatan struktural sebagai lurah, camat atau kepala distrik hingga kepala bagian dan kepala dinas.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024