Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura di Provinsi Papua menanggung biaya pendidikan anak asli Port Numbay dan anak orang asli Papua melalui Program Kartu Numbay Pintar.

Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kota Jayapura Debora Rumbino di Jayapura, Rabu, mengatakan bahwa penerima manfaat Kartu Numbay Pintar di tingkat sekolah dasar (SD) total 140.91 siswa, yang terdiri atas 1.891 anak asli Port Numbay dan 12.200 anak orang asli Papua (OAP) umum.

"Jumlah keseluruhan peserta didik (tingkat sekolah dasar) di Kota Jayapura sekitar 54 ribu," katanya.

Penerima manfaat Kartu Numbay Pintar di tingkat sekolah menengah pertama (SMP), menurut dia, mencapai 6.657 orang dari total 14.432 pelajar tingkat SMP di Kota Jayapura.

Ia memerinci, penerima manfaat Kartu Numbay Pintar tingkat SMP terdiri atas 717 anak asli Port Numbay dan 5.940 anak OAP umum.

Debora mengatakan bahwa penerima manfaat Kartu Numbay Pintar di tingkat sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) total 887 orang, terdiri atas 320 siswa SMA dan 210 siswa SMK asli Port Numbay serta 677 anak OAP umum.

Dia menjelaskan bahwa pemerintah kota menggunakan dana otonomi khusus tahun anggaran 2023 untuk menanggung biaya pendidikan anak asli Port Numbay dan orang asli Papua selama satu tahun.

Menurut dia, anggaran dana yang dialokasikan untuk menanggung biaya pendidikan anak asli Port Numbay dan anak orang asli Papua di tingkat SD nilainya Rp7,5 miliar, tingkat SMP nilainya total Rp5 miliar, dan tingkat SMA/SMK nilainya masing-masing sekitar Rp1 miliar.

"Ini akan ditunaikan menjelang tahun ajaran baru pada Juni 2023 dengan bekerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Papua kemudian disalurkan ke satuan-satuan pendidikan," katanya.

"Anggaran itu akan dibagi ke peserta didik sehingga orang tua murid yang mempunyai hak untuk bisa membayarkan yang belum ditunaikan atau jika semua tanggungan di sekolah sudah dibayarkan maka dana akan dikembalikan kepada orang tua," ia menjelaskan.
 

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024