Biak (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Biak Numfor, Papua menyiapkan 36 vial atau 180 vaksin booster dua untuk melayani kebutuhan masyarakat di daerah setempat.

"Dinkes Biak telah mendapat kiriman 36 vial vaksin booster dua dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor Ruslan Epid menanggapi vaksin booster dua, Kamis.

Ia mengatakan, untuk penggunaan vaksin booster dua bagi masyarakat Biak Numfor akan diberikan lewat fasilitas kesehatan pemerintah di daerah.

"Untuk tempat dan waktu pelaksanaan pemberian vaksinasi booster dua disesuaikan dengan jadwal faskes setempat, " sebut Ruslan Epid.

Menyinggung jumlah tenaga kesehatan yang sudah mendapat vaksin penguat booster dua di Biak Numfor,menurut Ruslan, sebanyak 145 orang atau 12,62 persen.

"Target keseluruhan tenaga kesehatan mendapat vaksinasi lengkap booster dua sebanyak 1.149 orang, " ujarnya.

Ia mengakui, pihak Dinkes Biak Numfor terus mendorong masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi lengkap booster dua.

Ruslan berharap, capaian vaksinasi lengkap booster dua untuk warga di Kabupaten Biak Numfor bisa meningkat pada tahun 2023.

Sedangkan untuk capaian vaksin dosis satu untuk warga Biak Numfor, menurut Ruslan Epid, hingga saat ini sangat tinggi 94,08 persen atau 70.841 orang.

Sementara untuk vaksin dosis dua, lanjut Ruslan, sesuai capaian 62,28 persen atau 46.894 orang.

Sedangkan untuk warga Biak Numfor yang sudah mendapat vaksin dosis tiga booster, menurut Ruslan Epid, capaian sebanyak 18.176 orang atau 24,14 persen.

Ruslan mengatakan, sampai saat ini jajaran Kementerian Kesehatan lewat Dinkes Biak Numfor bersama fasilitas kesehatan satuan TNI/Polri akan terus melayani vaksinasi penguat booster.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024