Jayapura (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berharap dengan terbentuknya Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) di Kabupaten Asmat, Papua Selatan, dapat mendorong pertumbuhan ekonomi setempat serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera.

Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan, dan Komunikasi OJK Aman Santosa dalam siaran pers di Jayapura, Selasa, mengatakan akses keuangan merupakan salah satu kunci mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya di daerah.

“Dengan akses keuangan yang lebih terbuka bagi masyarakat, terutama yang berada di daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) akan dapat mendorong terciptanya pertumbuhan ekonomi yang lebih merata, partisipatif, dan inklusif,” katanya.

Menurut Santosa, pihaknya mendorong peningkatan akses keuangan di seluruh pelosok Indonesia dengan berkolaborasi bersama Pemerintah Daerah melalui pembentukan TPAKD

“Kini sisa dua TPAKD yang belum terbentuk yakni Mamberamo Raya dan Mamberamo Tengah sehingga diharapkan seluruh pemerintah bisa mempersiapkan untuk pembentukan tim tersebut,” ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya juga mendorong program peningkatan jumlah rekening tabungan yang mana melalui penyediaan akses keuangan dari sisi simpanan, sehingga dapat tercipta budaya menabung di masyarakat menggunakan lembaga jasa keuangan formal yang mudah dan aman.

“Antara lain program Simpanan Pelajar (Simpel), Program Satu Rekening Satu Pelajar (Kejar), Program Simpanan Pemuda (SiMuda), Program Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai),” katanya lagi.

Dia menambahkan selain itu mendorong program perluasan akses pembiayaan yang lebih mudah dan terjangkau bagi masyarakat sehingga diharapkan dapat menjawab kebutuhan UMKM terhadap akses pendanaan atau permodalan pengembangan sektor produktif dan penguatan sektor ekonomi prioritas atau komoditi unggulan di daerah.

Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan, dan Komunikasi OJK Aman Santosa bersama Bupati Asmat Elisa Kambu mengukuhkan TPAKD Kabupaten Asmat, bertempat di Aula Kantor Bupati Asmat, pada Selasa, 7 Maret 2023.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024