Biak (ANTARA) - Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Kabupaten Biak Numfor, Papua, bersama Pengcab IPSI akan mengirim pesilat juara Piala Bupati Cup 2023 menghadapi kejuaraan daerah di antaranya Pekan Olahraga Provinsi Papua (Porprov) dan seleksi daerah Pra-PON 2024 di Jayapura.

"Cabang silat menjadi andalan Kabupaten Biak Numfor untuk mendulang prestasi medali di ajang Porprov Papua maupun kejuaraan nasional, " ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Biak Numfor Arius Mirino kepada ANTARA di Biak, Rabu.

Kadispora Arius mengatakan, dari hasil kejuaraan daerah Bupati Cup II yang berakhir Rabu (15/3) telah melahirkan para atlet terbaik sebagai juara pencak silat.

Kadispora Arius meminta induk organisasi silat, Pengcab IPSI Biak Numfor, untuk terus meningkatkan pembinaan bagi talenta atlet muda Biak guna menghadapi kejuaraan Porprov Papua dan Pra PON XXI Aceh-Sumut 2024.

"Pemkab Biak Numfor sangat memberikan apresiasi atas penyelenggaraan kejurda silat Piala Bupati Cup II dalam rangka perayaan empat tahun kepemimpinan Bupati Herry Ario Naap dan Wabup Calvin Mansnembra," sebut Kadispora Arius Mirino.

Sementara itu Ketua Pengcab IPSI Biak Numfor Margaretha Singgamui mengatakan, banyak atlet silat muda yang muncul pada kejuaraan Piala Bupati Cup II tahun 2023.

"Saya salut dengan mental semangat bertanding yang diperlihatkan atlet silat muda selama kejuaraan berlangsung 14-15 Maret, " katanya.

Margaretha mengatakan, cabor silat merupakan olahraga prestasi Biak karena telah menyumbang mendali emas dan perunggu PON XX Papua 2021.

Pada kejuaraan daerah pencak silat Bupati Cup II keluar sebagai juara umum dan merebut Piala Bupati yakni perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) dan atlet terbaik Rudi Gunawan dari Persinas Asad.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024