Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura mengajak paguyuban Ikatan Keluarga Maluku (Ikemal) di tanah Papua bersama-sama membangun daerah itu sesuai dengan tema Hari Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura ke 206, yakni "Katong Satu, Katong Kuat".

Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey di Jayapura, Minggu, mengatakan, pihaknya mengharapkan melalui momen Hari Pahlawan Nasional (HPN) Kapitan Pattimura warga Maluku di wilayah itu dapat memaknai perjuangan Thomas Matulessy.

"Lewat perjuangan Kapitan Pattimura, orang Maluku di Tanah Papua harus menjadi pengayom bagi seluruh masyarakat dan juga bersatu bersama masyarakat di Papua untuk membangun Tanah Papua khususnya Kota Jayapura ini lebih baik ke depan," katanya di Jayapura, Minggu.

Dia menjelaskan, pihaknya mengimbau kepada semua orang Maluku di wilayah itu tetap menjaga toleransi antar umat beragama di negeri berjuluk "Port Numbay" itu.

"Dengan tema Katong Satu Katong Kuat maka harus senantiasa satu hati untuk membangun Kota Jayapura tanah Port Numbay sebagai rumah bersama," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Ikemal Pusat di Tanah Papua Christian Sohilait mengatakan, pihaknya telah meluncurkan Hari Pahlawan Nasional (HPN) Kapitan Pattimura ke 206 di Taman Imbi, Kota Jayapura, Sabtu (18/3).

"Peluncuran HPN Kapitan Pattimura bukan dilakukan di Kota Jayapura saja tetapi di seluruh tanah Papua termasuk di Kota Sorong, Papua Barat, Wamena, PapuaTengah dan Merauke, Papua Selatan," katanya.

Menurut Sohilait, tema yang diusung pada perayaan HPN Kapitan Pattimura 2023 bertujuan agar orang Maluku di Papua tidak terpecah belah.

Ketua Petua Panitia HPN Kapitan Pattimura ke 206, Mega Nikijuluw mengatakan, setelah peluncuran pihaknya akan melaksanakan bakti sosial seperti kegiatan donor darah, kerja bakti dan ada juga lomba vokal grup, paduan suara serta fashion show dengan busana Maluku.

"Di mana peserta lomba adalah masyarakat Maluku yang ada di Kota Jayapura," katanya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024