Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua meresmikan gedung sekolah baru, SMP Yayasan Pendidikan Kristen Ridge, dan aula serba guna Distrik Samofa yang dibiayai tahun 2022 mencapai Rp5,2 miliar, Selasa.

"Jaga dan rawat fasilitas gedung sekolah SMP YPK Ridge berlantai dua ini untuk menunjang kegiatan belajar mengajar siswa-siswi putra asli Papua," harap Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap saat peresmian gedung sekolah di Biak, Selasa.

Ia mengatakan, penyediaan sarana prasarana pendidikan yang layak terus menerus diprogram Pemkab Biak Numfor melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud).

Pada tahun 2022, menurut Bupati Herry, Pemkab Biak Numfor telah membangun gedung sekolah dasar dan SMP berlantai dua sebagai komitmen membangun SDM orang asli Papua.

Sejumlah gedung sekolah baru berlantai dua yang sudah selesai dibangun, lanjut dia, SD Inpres Mandala, SD Inpres Mandouw, SD Inpres Yafdas, SD Inpres Ridge 2, SD Inpres Samofa dan SMP YPK Ridge Biak.

"Dan pada tahun 2023 ini pembangunan gedung berlantai dua sekolah dasar dan SMP akan berlanjut sesuai kebijakan program Pemkab Biak Numfor," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Biak Numfor Kamaruddin S.Pd mengatakan, gedung sekolah SMP YPK 1 Ridge Samofa dibangun tahun 2022 dengan konstruksi bangunan tahan gempa menghabiskan anggaran sebesar Rp4,5 miliar dari dana Otsus.

Sedangkan satu bangunan aula serba guna SMP YPK 1, laboratorium komputer dan delapan toilet siswa lengkap dengan sanitasi dibiayai DAK tahun 2022 mencapai Rp779,6 juta.

"Ada enam ruang kelas yang sudah dibangun di SMP YPK 1 dan hari ini Selasa 11 April 2023 diresmikan langsung Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap," ujarnya.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024