Jayapura (ANTARA) - Kepala Dinas Infokom Kabupaten Asmat, Papua Selatan Jamaluddin mengatakan Bhakti-Kominfo menargetkan membangun 190 Base Transceiver Station (BTS) yang tersebar di 22 distrik.

Dari jumlah tersebut saat ini sudah terpasang sebanyak 113 BTS namun dari jumlah tersebut tercatat 102 BTS yang sudah beroperasi.

"Memang baru 102 BTS yang sudah beroperasi dengan kapasitas 4G, " kata Jamaluddin di Jayapura, Kamis.

Ketika dihubungi dari Jayapura, Kadis Infokom Asmat mengakui 11 BTS yang sudah selesai dibangun itu masih dalam tahap operasional.

Tercatat 77 BTS yang belum selesai dibangun dengan rincian 29 BTS dalam pembangunan dan sisanya 48 lokasi masih menunggu material.

Di Kabupaten Asmat sendiri memiliki 220 kampung namun tidak semua kampung dibangun BTS karena ada kampung yang berdekatan sehingga sinyal yang dipancarkan masih dapat terjangkau, jelasnya.

Diakui, untuk Distrik Suru-suru yang ditargetkan dibangun 11 BTS namun akibat masalah keamanan baru tiga BTS yang dibangun karena lokasinya yang berada di pinggiran sungai.

Sembilan kampung yang belum terpasang BTS akibat faktor keamanan adalah kampung Hulam, Walase, Asgun, Korobuk, Obio, Salbik, Dumaten, Laluk dan kampung Katalina.

"Kampung-kampung itu berada di perbatasan dengan Kabupaten Nduga, " kata Kadis Infokom Asmat Jamaluddin.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024