Jayapura (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Jayapura, Papua mencatat angka pengangguran di daerah itu pada 2022 mencapai 10 ribu jiwa.

Kepala BPS Kota Jayapura Jefrry De Fretes kepada Antara di Jayapura, Jumat, mengatakan total angkatan kerja pada usia 15 tahun ke atas di daerah itu sebanyak 200 ribu lebih dari total jumlah penduduk di Kota Jayapura sebanyak 400 ribu lebih

"Jadi angka pengangguran di Kota Jayapura masih cukup tinggi, yakni berada di angka 5 persen dari total angkatan kerja atau 10 ribu orang," katanya.

Menurut Jeffry, sebelumnya pada saat pandemi COVID-19 pada 2020 tingkat pengangguran di Kota Jayapura berada di angka enam persen karena banyak perusahaan yang tutup.

"Setiap tahun tidak ada peningkatan angka pengangguran yang signifikan kecuali saat COVID-19 sehingga ini tetap stabil," ujarnya

Dia menjelaskan setiap tahun pihaknya melakukan survei pada Februari dan Agustus guna mengetahui perkembangan pengangguran di Kota Jayapura.

Angka pengangguran dapat diketahui, biasanya pada saat akhir tahun di mana sering terjadi pemutusan hubungan kerja antara pihak perusahaan dan karyawan.

"Kemudian pada pertengahan tahun, angka pengangguran bisa saja naik sebab banyak anak SMA yang lulus dan mereka tidak langsung bekerja," katanya lagi.*

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024