Sentani (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Jayapura, Papua menggelar lokakarya literasi digital bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Nimboran.

Kepala Dinas Kominfo Jayapura Gustav Griapon di Sentani, Rabu, mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan Coomon Room Bandung dan ICT Watch Jakarta guna melaksanakan lokakarya literasi digital bagi siswa-siswi SMKN 2 Nimboran.

“Kami menggandeng teman-teman dari penggiat literasi digital yakni Coomon Rom Bandung dan ICT Watch Jakarta dengan harapan siswa akan semakin diperkaya dengan ilmu dan pengalaman yang lebih meluas,” katanya.

Menurut Lusiana Lewerisa seorang guru pada SMKN 2 Nimboran bahwa pihaknya sangat mengharapkan kegiatan seperti ini di sekolah tersebut agar guru maupun siswa semakin diperkaya dengan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru.

“Lokakarya literasi digital Ini merupakan kegiatan yang sangat baik dan bermanfaat siswa-siswi juga kami guru di sini,” katanya.

Direktur Common Room Bandung Gustaff H. Iskandar juga menjelaskan bahwa terkait rencana lokakarya ini pihaknya telah melakukan survei di papua sejak 2021, untuk melihat dan mengembangkan aktivis digital internet serta mengatasi tantangan kesenjangan digital yang ada Papua.

“Pelatihan ini bertujuan agar siswa-siswi maupun masyarakat pada umumnya dapat belajar membangun jaringan internet secara mandiri melalui komunitas yang ada,” katanya.

Dia menambahkan internet komunitas dapat dibangun dan dikelola oleh warga untuk berbagai keperluan dan pihaknya berharap ke depan SMKN2 Nimboran karena ada jurusan Teknik Komputer Jaringan maka dapat membantu pemerintah distrik dan kantor.

“Melalui internet komunitas warga dan masyarakat dapat meningkatkan kapasitas baik infrastruktur, topologi internet, membangun, mengelola dan memanfaatkan internet, guna meningkatkan pelayanan pemerintah, kesehatan, pemberdayaan UMKM dan ekonomi.,” ujarnya.

 


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024