Sentani, Papua (ANTARA) - Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPPAD) Provinsi Papua membuka secara resmi perlombaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2023 tingkat provinsi di Kota Jayapura.

Kepala DPPAD Papua Christian Sohilait kepada ANTARA di Jayapura, Selasa mengatakan bahwa O2SN merupakan wahana pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga serta menumbuhkan nilai-nilai kedisiplinan, kreativitas, daya juang, jujur, kompetitif, solidaritas, bertanggung jawab dan sportif.

“O2SN ini juga sebagai ajang pencarian bakat atau talenta muda Papua di bidang olahraga, sehingga nanti dapat mengharumkan Papua di tingkat nasional,” katanya.

Menurut dia tahun ini pelaksanaan O2SN digabung semua jenjang pendidikan dari 9 kabupaten dan satu kota yang ada di Provinsi Papua.

“Siswa-siswi yang ikut terlibat dalam O2SN ini mulai dari jenjang pendidikan SD sampai SMA dan juga sekolah menengah kejuruan (SMK),” katanya.

Ia menjelaskan siswa yang akan menjadi juara pada perlombaan O2SN ini nantinya akan mewakili Papua pada tingkat nasional.

“Jenis olahraga yang diperlombakan pada O2SN 2023 ini yakni atletik, renang, bulu tangkis, karate dan pencak silat, dan akan berlangsung hingga Juli mendatang,” katanya.

Dia menambahkan tahun ini pihaknya menggelar O2SN digabungkan sehingga siswa SD bisa menonton siswa SMP dan SMA begitu pula sebaliknya.

“Kami ucapkan selamat bertanding bagi siswa-siswi perwakilan masing-masing kabupaten untuk menjadi yang terbaik bagi Papua,” demikian Christian Sohilait.
 


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024