Jayapura (ANTARA) - Warga Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan antusias menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo ,Kamis (6/7) di Bandara Ewer.

Tokoh masyarakat Asmat Rufinus Yuutmbai, Kamis menyatakan senang atas kedatangan Presiden yang kedua kalinya ke daerah yang dikenal dengan seni pahatnya.

"Kami berharap dengan kedatangan Presiden dapat mempercepat pembangunan di wilayah ini termasuk daerah lainnya di Tanah Papua," harap Rufinus Yuutmbai.

Ia mengatakan dengan diresmikannya Bandara Ewer oleh Presiden maka ke depan makin banyak pesawat yang masuk sehingga Asmat makin berkembang.

Asmat sudah dikenal hingga mancanegara akan ukiran kayunya. Bahkan pemda setiap tahun menyelenggarakan festival budaya Asmat dengan menampilkan ukiran para perajin, kata
Rufinus Yuutmbai.

Presiden Jokowi pada Kamis meresmikan Bandar Udara Ewer di Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan.

Bandara Ewer memiliki landas pacu (runway) dengan panjang 1.650 m dan lebar 30 m yang dapat melayani operasional pesawat jenis ATR 72-600 untuk penumpang maupun kargo. Apron seluas 70 m x 90 m dan taxiway 86 m x 15 m.

Saat ini, Bandara Ewer melayani rute penerbangan Kamur – Ewer (pp), Merauke – Ewer (pp) dan Timika – Ewer (pp) yang dioperasikan oleh 3 maskapai yaitu Wings Air, Trigana Air dan Smart Aviation.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024