Jayapura (ANTARA) - Pelaksana Harian Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun optimistis kontingen Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korpri ke XVI Semarang, Jawa Tengah bakal meraih medali emas pada setiap cabang olahraga (Cabor) yang diikuti.

"Bertanding dengan elegan, kalah itu bukan menjadi masalah begitu juga ketika menang karena yang terpenting kebersamaan, bertemu bersilaturahmi dengan seluruh anggota Korpri yang ada di Indonesia," katanya dalam siaran pers yang diterima di Jayapura, Senin.

Menurut Ridwan, pihaknya meyakini para atlet Papua bakal mampu menampilkan yang terbaik di ajang Pornas Jateng. Hal ini berkaca dari persiapan yang dilakukan tim selama tiga bulan terakhir.

“Pornas Korpri merupakan ajang olahraga yang dilaksanakan secara periodik untuk mendorong semangat berolahraga, sehingga menjadi sehat dan bugar di kalangan anggota Korpri,” ujarnya.

Dia menjelaskan dengan adanya ajang tersebut merupakan wadah untuk mempererat silaturahmi, menjalin kebersamaan, dan memperkuat solidaritas sebagai anggota Korpri seluruh Indonesia sehingga sudah seharusnya mengutamakan sportivitas dan tidak menciptakan hal-hal yang merugikan.

"Sehingga harus sesuai aturan, tidak usah menciptakan sesuatu atau hal-hal yang merugikan kontingen, tapi juga Korpri pada umumnya," katanya lagi.

Sementara itu, Ketua Kontingen Korpri Papua Aaron Rumainum mengatakan persiapan atlet dan lainnya sudah 100 persen di mana para atlet sudah latihan cukup lama dari 27 Maret hingga 4 Juli.

“Bahkan beberapa atlet sudah mengikuti turnamen tidak resmi dan meraih juara. Seperti turnamen volly Bhayangkara juara 3 putri, dan ganda putra juara 2. Lalu kami juga punya peluang raih juara di Cabor futsal dan basket,” katanya.

Sekadar diketahui, sebelumnya telah dilakukan pelepasan kontingen yang berjumlah 131 atlet oleh Plh Gubernur Papua Ridwan Rumasukun bertempat lapangan kantor Otonom Kotaraja, Kota Jayapura Papua, Sabtu (8/7).
 


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024