Sentani (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Jayapura, Papua menggelar sosialisasi pencegahan kasus bullying atau perundungan di kalangan pelajar pada daerah tersebut.

Kapolres Jayapura AKBP Frederickus W.A Maclarimboen di Sentani, Senin mengatakan sosialisasi ini merupakan upaya nyata untuk mencegah dan menanggulangi kasus bullying di tingkat sekolah dasar (SD).

"Pendidikan karakter menjadi pondasi penting dalam membentuk sikap dan perilaku siswa sejak dini dengan melibatkan personel kepolisian," katanya.

Menurut Kapolres, pihaknya berharap melalui sosialisasi ini siswa dapat lebih memahami dan menginternalisasi nilai-nilai positif yang dapat membantu mencegah perilaku bullying di lingkungan sekolah.

"Kami berkomitmen terus melaksanakan kegiatan serupa pada SD lainnya di Kabupaten Jayapura guna menciptakan lingkungan pendidikan yang aman, nyaman dan bebas bullying," ujarnya.

Sementara itu Kasat Binmas Polres Jayapura Iptu Ambo Arjana menjelaskan bahwa sosialisasi pencegahan bullying digelar pada SD Angkasa Lanud Silas Papare.

"Program ini bertujuan untuk membekali siswa dengan nilai-nilai positif serta meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menghormati dan menghargai sesama," katanya.

Dia menambahkan pihaknya mengajarkan cara mengenali tindakan bullying serta langkah yang dapat diambil untuk menghentikannya, materi disesuaikan dengan tingkat pemahaman siswa SD agar mudah memahami konsep tersebut.

"Kami membangun interaksi dengan siswa guna membangun kesadaran dan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya sikap saling menghormati, toleransi, dan empati di lingkungan sekolah," ujarnya.

 

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024